Pro dan Kontra Mengenai Hasil SNMPTN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri )

Posted by Muhammad Wahyulloh

Hasil SNMPTN
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang lebih singkat lagi yaitu SNMPTN yaitu seleksi yang dilakukan dalam penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia berdasarkan nilai raport SMA/SMK/Sederajat semester 1-5 dan telah direkomendasikan oleh masing-masing sekolah, pada 27 Mei 2014 kemarin tepatnya pukul 12.00 WIB hasil SNMPTN telah diumumkan, hasil SNMPTN banyak menuai pro dan kontra dari para siswa yang berharap dan yakin lulus, saya adalah salah satu siswa yang tidak lulus seleksi ini :) . 


Salah satunya adalah mereka yang sudah dianggap layak Lulus SNMPTN menurut pendapat teman-teman mereka karena dari nilai dan prestasinya di sekolah, ternyata hasilnya tidak lulus.dan ternyata kasus seperti ini tidak terjadi di satu sekolah saja tapi ternyata banyak dari sekolah di Indonesia, terbukti dari salah satu posting seorang siswa di sosial media yang mengatakan "INI KASUS Di daerah saya, rank 1 terus dan nilai tidak pernah turun.... bla bla,." tetapi dari komentar yang ada banyak yang sependapat dengan posting siswa tersebut. hal ini membuat mereka bertanya-tanya.

Sebenarnya apa yang di nilai dari seleksi SNMPTN.?

Sebelum mengikuti seleksi ini kita harus sering konsultasi pada guru kita terutama guru BK, dan salahnya lagi ini kurang saya lakukan karena banyak hal yang perlu diperhatikan dalam SNMPTN salah satunya yaitu passing grade dan peminat dalam suatu program studi disuatu PTN. Kenapa mereka yang memiliki nilai raport bagus banyak yang GAGAL alias tidak LULUS SNMPTN dan mereka yang mungkin menurut kalian nilai raport yang bisa dibilang belum bagus mereka bisa BERHASIL.??. Menurut saya mereka yang dengan nilai raport bagus kurang memperhatikan passing grade dan Peminat dalam suatu prodi di PTN yang mereka pilih, ini seleksi Nasional men.!! bukan se- provinsi atau kabupaten/kota, yakinlah masih banyak yang lebih baik dari kita di luar sana, jangan main PD aja. semua ini sesuai dengan apa yang saya rasakan dan setelah saya fikir lebih jauh lagi dengan menengok ke masa dimana saya mendaftar SNMPTN dan memilih prodi yang saya minati tetapi pada akhirnya saya GAGAL dan mungkin ini juga yang mereka rasakan, tetapi disini saya juga tidak menunjukan bahwa saya ini memiliki nilai bagus, toh itu memang pilihan saya dan kekhilafan saya. Dari Khilaf yang seperti ini kita harus mampu mendapatkan pelajaran penting mengenai hidup agar nanti kita mampu menjadi lebih baik lagi. kemudian mereka yang dengan nilai bisa dibilang biasa tapi banyak yang BERHASIL itu bukan hanya keberuntungan tapi memang memikirkan dengan matang mengenai pilihan Program studi yang mereka pilih dengan berbagai pertimbangan.

Nah sekarang bagi kalian yang merasa mungkin terlalu PD dalam memilih jurusan, sekarang lebih berhati-hatilah karena masih banyak peluang untuk Berhasil dan Gagal.

Tidak lulus SNMPTN tidak perlu sedih sampai larut, masih banyak jalan menuju Roma.
Saya disini tidak berpihak kepada siapapun, ini hanya sesuai pengalaman saya. bagi kalian yang sudah Lulus saya mengucapkan Selamat dan lanjutkan perjuangan kalian, bagi yang tidak lulus masih banyak jalan menuju kesuksesan. Semangat Kawan.


Blog, Updated at: 11:58 PM

0 komentar:

Post a Comment