Menyalin dan Memindah File dari Laptop ke Android Tanpa Kabel (Sharing Data)

Posted by Muhammad Wahyulloh

Hai  sahabat Ngawas Media, kali ini saya akan berbagi tutorial Menyalin dan Memindah File dari Laptop ke Android Tanpa Kabel, ini sangat bermanfaat sekali karena tanpa harus ribet nyari kabel dan ini juga bisa digunakan bagi laptopnya yang belum ada hardware bluetooth. Lalu kita pakai apa kalau bukan bluetooth.?. disini saya menggunakan fitur jaringan nirkabel yaitu WiFi, dengan wifi sebenarnya kita dapat sharing berbagai fitur yang ada di laptop ke android kita, seperti sharing internet dan kali ini saya berbagi cara sharing data, untuk internet anda bisa perhatikan juga tutorial berikut, sebelumnya pastikan beberapa hal berikut : Driver wifi laptop sudah terinstall, android anda bisa akses jaringan wifi dari laptop, dan di android anda sudah terinstall ES file Explorer ( Bisa di Download di Play Store ).
1. Buka Control panel > Network and internet > Network and Sharing center
2. Klik set up new connection or network, akan tampil kotak dialog dibawah ini, pilih set up a wireless ad hoc kemudian klik next saja.
3. berikutnya klik next saja sampai pada pengisian network name isi terserah kalian untuk securitynya terserah mau diberi atau tidak saya tidak karena biar tidak ribet. hehehe
4. next tunggu sampai proses selesai kemudian klik close.
5. setelah itu aktifkan wifi pada android anda kemudian koneksikan ke wifi laptop anda.
6. jika sudah CONNECTED buka aplikasi ES file pilih LAN kemudian klik scan, tunggu hingga proses scanning selesai akan ada nama laptop anda. share file ada pada laptop anda. caranya berikut ini
- klik kanan pada folder atau file 
- properties 
- pada kotak dialog properties klik tab sharing kemudian klik share.
- pilih everyone kemudian klik add.
- setalah itu klik share.
- refresh pada ES file anda jika berhasil sharing akan tampil folder yang anda sharing

saya sudah test di Laptop saya acer apire 4349 windows 7 32bit dan android 2.3.7 custom rom Xperia x8 ( root ) dan berhasil.


Blog, Updated at: 9:19 AM

1 komentar:

  1. Nice post gan...Saya tertarik dgn tulisan di akhir ttg x8 rooted agan, blh saya minta stock ROM 1.6 kl agan masih punya? Kebetulan saya udah keliling dumay dari kaskus sampe underground ga dapet2, Tx sebelumnya.

    ReplyDelete